Pengidap Asma Dilarang Olahraga

Share This Post

Asma memang sering dianggap sebagai penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan ada mitos seputar asma bahwa penderita asma tidak boleh berolahraga karena bisa membahayakan. Tentunya anggapan tersebut keliru karena penderita asma sebenarnya masih bisa berolahraga. Hanya saja, sebaiknya penderita asma tidak sembarangan dalam memilih olahraga untuk dilakukan sehari-hari.

Selain mengkonsumsi obat, olahraga juga efektif mengendalikan asma. Sejumlah penelitian menyebut penderita asma yang rajin olahraga lebih jarang kambuh dibanding yang tidak berolahraga. “Penderita asma yang rutin melakukan olahraga dapat mengurangi kekambuhan dan memberikan efek positif,” kata dokter spesialis paru RSUD dr. Iskak, dr. Titah Dadhari Suryananda, Sp.P.

Olahraga benar-benar dapat membantu mengurangi gejalanya dan meningkatkan fungsi paru-paru. Namun, pada beberapa penderita, olahraga bisa memicu serangan. Jenis olahraga yang lebih aman bagi penderita antara lain olahraga ringan seperti jalan kaki, renang, atau yoga. Sebelum memulai program olahraga baru, penting untuk konsultasi dengan dokter tentang olahraga mana yang aman dan perhatikan tanda-tanda serangannya selama dan setelah aktivitas fisik.

More To Explore

cerita hikmah

4 Golongan Manusia Ketika Menghadap Allah di Akherat

Orang-orang yang didekatkan oleh Allah Ta’ala. Mereka adalah orang-orang yang suka berbuat kebaikan (ahlul ihsaan). Inilah kedudukan tertinggi seseorang di sisi Allah Ta’ala. Mereka adalah

Bersama Koinmu,
Darul Hisan Hadir untuk Ummat